Selamat Datang Di Blognya PPLH (Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup) MANGKUBUMI Tulungagung Jawa Timur

Sabtu, 30 Juni 2012

PPLH Mangkubumi; Bersama Generasi Muda Bentuk Komunitas Sahabat Sungai

Program sahabat sungai adalah kegiatan yang di inisiasi oleh PPLH Mangkubumi untuk mitigasi pencemaran sungai akibat pembuangan sampah maupun limbah yang langsung dialirkan kesungai tanpa adanya IPAL, dampak dari praktik-praktik tersebuat sungai menjadi tercemar, kotor dan menyebabkan pula punahnya species endemic sungai. Adapun tujuan dari kegiatan sahabat sungai adalah menumbuhkan kembali semangat cinta sungai dengan tidak membuang sampah/limbah pada sungai serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kelestarian sungai.

Direktur PPLH Mangkubumi;
Bersama Komunitas Sahabat Sungai Memantau Kwalitas Air Di Sungai Ngerowo Tulungagung
Dari hasil pemantauan kualitas air sungai pada tahun 2011 pada sungai kota Tulungagung dengan menggunakan metode biologi sebagai indicator kesehatan sungai menunjukkan sungai diperkotaan Tulungagung  tercemar berat.  Adapun kegiatan sahabat sungai antara lain; konservasi bantaran sungai dengan penghijaun, pemantauan secara berkala kualitas air sungai, mendeklarasikan gerakan stop nyampah dikali, mengidentifikasi jenis invertebrate dan avertebrata sungai, training detektif lingkungan dll. 
Sasaran program ini adalah generasi muda dan pelajar SMP/SMK/MA/Mts. Kegiatan sahabat sungai ini telah dimulai tahun 2011 sampai sekarang . Dalam menjalankan program ini PPLH Mangkubumi telah melibatkan para pihak baik unsur Pemerintah (BLH dan PU ESDM), Mahasiswa dan para guru di MA/SMK/SMP di Kab. Tulungagung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar